Jumat, Oktober 4, 2024
BogorJAWA BARATKesehatanPEMERINTAHAN

Hari Pertama Giat PIN Vaksin Polio Di Kecamatan Ciseeng Berjalan Lancar

Ciseeng,Klikinfoku.com – Pelaksanaan secara serentak program Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) vaksin polio di Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor berjalan lancar. Seperti diketahui, program Sub PIN vaksin polio ini dilaksanakan serentak di Jawa Barat pasca ada wabah polio di Purwakarta.

Cibeuteung Udik Targetkan 3.911 Balita Mendapatkan Vaksin Polio. Di Puskesmas Cibeuteung Udik, kegiatan vaksinasi polio bagi anak usia 0 sampai dengan 59 bulan ini, memiliki jumlah target sasaran vaksin sebanyak 3. 911 balita dari 3 wilayah desa yaitu Desa Karikil, Babakan dan Cibeuteung Udik.

“Target pelaksanaan vaksinasi 95 persen. Untuk mencapai target tersebut, maka sejak hari ini, Senin (3/4) sampai Sabtu nanti, kami harus lakukan vaksinasi pada 310 anak balita per hari,” ungkap dokter Hidayah Ilmiyati, Kepala Puskesmas Cibeuteung Udik kepada wartawan.

Ia menjelaskan, untuk sasaran vaksinasi hari pertama, pihaknya telah melakukan giat vaksinasi kepada 300 anak balita di Desa Babakan dan Cibeuteung Udik. Giat vaksinasi dilakukan di posyandu binaan dibantu bidan desa, perawat, dokter dan kader serta aparatur Pemdes setempat.

“Tadi ada 4 orang balita tidak di vaksinasi karena mengalami sakit. Pelaksanaan vaksinasi dengan cara oral (diteteskan ke mulut),” jelas dokter Hidayah Ilmiyati.

Sementara jajaran Puskesmas Ciseeng di hari pertama pelaksanaan program Sub PIN vaksin polio ini melakukan giat vaksinasi di 2 desa, yaitu Desa Cibentang dan Desa Parigi Mekar.

Puskesmas Ciseeng memiliki wilayah pelayanan kerja 7 desa yaitu Desa Parigi Mekar, Cibeuteung Muara, Ciseeng, Putat Nutug, Cibentang,  Kuripan serta Desa Cibentang. Dari tujuh desa ini, ada sekitar 6.277 anak balita yang menjadi sasaran dari program Sub PIN vaksin polio.

“Tadi baru dilakukan di dua desa, yaitu Parigi Mekar dan Cibentang. Kegiatan vaksinasi berlangsung di sejumlah Posyandu. Alhamdulillah capaian target vaksinasi hari pertama ini rata – rata 96 persen lebih,” ucap Ajat Sudrajat, Kepala Tata Usaha Puskesmas Ciseeng. (Rdy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *