Jumat, Oktober 4, 2024
BogorJAWA BARATKesehatanPEMERINTAHAN

Sebagai Bentuk Empati dan Tolak Kriminalisasi Nakes, PB IDI Imbau Anggota Pakai Pita Hitam

KEMANG,Klikinfoku.com – Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) telah mengeluarkan satu surat edaran kepada seluruh pengurus serta anggota IDI di semua tingkatan untuk menggunakan pita hitam di lengan kanan pakaian resmi mulai tanggal 26 April 2023.

Dalam surat edaran yang ditanda tangani Sekjen PB IDI, Dr. Ulul Alba Sp.0G itu disebutkan bahwa hal ini dilakukan sebagai bentuk empati dan ungkapan keprihatinan atas perlakuan fisik atau penganiayaan pada sejawat dokter Internsip tenaga medis di Lampung Barat.

Selain itu, aksi ini juga merupakan bentuk protes atas pemberhentian sepihak Prof. Dr. Zainal Mutaqin SpBS (K), PhD dari pelayanan di RSUP Dr. Karyadi, Semarang dan keprihatinan atas dibuatnya RUU Kesehatan (Omnibus Law) yang tidak berpihak pada kepentingan profesi kesehatan di Indonesia dan merugikan kepentingan warga masyarakat.

“Maka sebagai ungkapan rasa keprihatinan, diimbau kepada segenap anggota IDI di semua wilayah / jajaran baik yang bekerja di Instansi Pemerintah maupun Swasta, agar mengenakan PITA HITAM di lengan kanan selama 1 (satu) bulan terhitung dari tanggal 26 April 2023 hingga tanggal 26 Mei 2023,” Begitu salah satu point penting isi surat edaran tersebut.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua IDI Kabupaten Bogor, dr. Kornadi SpJP (K) FIHA mengatakan bahwa hal tersebut benar bahkan sudah ada tindak lanjut dari pengurus IDI Wilayah Provinsi Jawa Barat.

“Pemberitahuan dan imbauan IDI wilayah Jabar ini yaitu agar seluruh dokter yang bertugas di wilayah 27 kota/kabupaten di Jawa Barat baik institusi negeri maupun swasta untuk mengenakan pita hitam di lengan kiri selama seminggu mulai 26 April 2023 hingga 2 Mei 2023.

Hal ini dilakukan sebagai empati pernyataan dukacita atas adanya perlakuan fisik berupa intimidasi dan penganiayaan kepada dokter internsip tenaga medis di wilayah Lampung,” ungkapnya.

Dokter Komadi menambahkan, IDI Kabupaten Bogor saat ini telah menyampaikan informasi soal sisi surat edaran keprihatinan tersebut kepada semua anggota tetap IDI Kabupaten Bogor yang berjumlah 1.700 dokter.

“Saat ini masih masa libur, namun secara umum aksi keprihatinan ini direspon baik oleh semua rekan rekan tenaga kesehatan. Sehingga nanti semuanya akan memakai pita hitam di lengan kanan pakaian tugas mereka,” pungkasnya. (Rdy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *