Kamis, Oktober 3, 2024
BogorJAWA BARATPEMERINTAHAN

Forkopimcam Gunung Putri Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

BOGOR,Klikintoku.com – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Fokopimcam) Gunung Putri menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Kec. Gunung Putri Kab Bogor Jawa Barat Kamis (1/6/2023).

Camat Gunung Putri Drs Didin Wahidin, M.SI menjadi Inspektur upacara dengan komandan upacara Yusuf staf Satpol-PP Kec Gunung Putri. Tampak hadir Danramil Kapten Laahmadin, Sekcam Wawan Suryana S.Sos, dan staf lainnnya.

Turut hadir dari jajaran Kades terlihat Kades Nagrak, Kades Wanaherang dan Kades Kranggan. Sementara peserta upacara lainnya ASN dan non ASN instansi se-Kec Gunung Putri, Karang Taruna dan anggota Ormas Pemuda Pancasila (PP).

Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2023 ini mengusung tema: Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global dimulai dengan penghormatan kepada Bendera Merah Putih seraya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lalu Inspektur upacara memimpin mengheningkan cipta dan membacakan teks Pancasila, dan teks pembukaan UUD ’45 oleh Kamal staf Kecamatan.

Pada kesempatan tersebut Camat Didin Wahidin membacakan teks pidato sambutan PLT Bupati Bogor Iwan Setiawan yang mengungkapkan berdasarkan keputusan Presiden RI no.24 Th 2016 telah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila yang ditandai dengan Pidato Soekarno dalam sidang BPUPKI dimana untuk pertama kali mengemukakan konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Mari kita jadikan momentum peringatan Harlah Pancasila untuk meneguhkan komitmen kita bersama untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan, saling bergotong royong dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bangsa, membangun peradaban yang maju dan menjadi bagian dari masyarakat dunia, bagian dari komunitas global dengan mengusung konsep gotong royong sebagai akar budaya bangsa.

Dengan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila, insya Allah kita dapat membangun bangsa Indonesia semakin kuat, maju, sejahtera dan bermartabat.

Untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan menggugah rasa cinta tanah air di masyarakat mulai tanggal 1 Juni sampai 31 Agustus 2023 akan dilaksanakan Gerakan Nasional pembagian bendera Merah Putih yang melibatkan swadaya seluruh komponen masyarakat.

“Untuk itu saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus membumikan nilai-nilai luhur Pancasila dengan terus membangun bangsa dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan jadi panduan menyongsong masa depan yang lebih baik menghadapi berbagai tantangan dan tetap menjalin hubungan yang harmonis dengan bangsa lain di dunia”, harap PLT Bupati Bogor dalam teks pidatonya yang dibacakan Camat Didin Wahidin. (Tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *