Kamis, Oktober 3, 2024
BogorBUDAYAJAWA BARATPendidikanSosial

Ekspos P5 dan Pelepasan Siswa Kelas VI Sekolah Penggerak SDN Babakan 03 Cileungsi Dihadiri Banyak Pejabat Cileungsi

CILEUNGSI,Klikinfoku.com – Ekspos Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ‘Kearifan Lokal’ Kaulinan Barudak Sunda serta pelepasan siswa Kelas VI Sekolah Penggerak SDN Babakan 03 Cileungsi berlangsung sangat meriah dan dihadiri oleh banyak pejabat dari Pemerintahan setempat yang digelar di halaman sekolah SDN Babakan 03 Dayeuh Kec Cileungsi Kab Bogor Jawa Barat pada Kamis (22/6/2023).

Petinggi Pemerintahan dan Pendidikan yang hadir; Camat Cileungsi Adhi Nugraha S.STP, Kepala Desa Dayeuh Jamhali BJ, SE, Pengawas Bina Gugus Kec Cileungsi Aang Nandang Iskandar S.Pd M.Si, Ii Nuraeni, M.Pd, Wakil Ketua dan Sekretaris PGRI Kec Cileungsi N. Tintin Rondasih M.Pd dan Jaja, M.Pd, Kasi Pendidikan dan Kesehatan Kec Cileungsi Ratna Heriyani, M.Si, Kepala Sekolah SDN Babakan 03 Esti Wahyu Mudjiastutik S.Pd , Ketua Panitia Satriyo Wahyu Wono, S.PdI, Jajaran Guru, Komite Sekolah dan para orang tua/wali murid SDN Babakan 03.

Satriyo Wahyu Wono dalam sambutannya menyampaikan penghormatan kepada Kepala Sekolah, Komite, Pemangku, Narasumber, Rekan Guru serta apresiasinya kepada semua pihak sehingga acara dapat terwujud dan terlaksana.

“Tujuan P5 adalah bagaimana menciptakan karakter Profil Pelajar Pancasila yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, gotong-royong, kreatif, bernalar kritis, mandiri dan ber-kebhinekaan global”, ujar Satriyo.

Sementara itu Pengawas Bina Gugus Kec Cileungsi Aang Nandar Iskandar, S.Pd M.Si menyampaikan ucapan selamat atas kelulusan kelas VI tahun 2023 ini. SDN Babakan 03 adalah sekolah penggerak yang tahun ini adalah tahun kedua. Dan tahun depan (2023/2024) menginjak tahun ketiga itu artinya sekolah ini wajib menggunakan Kurikulum Merdeka 100 persen.

Peribahasa Arab : “Al adabu foukol ilmi”. Di atas ilmu (aturan hukum), ada adab. Di atas adab ada cinta, itu semua dipelajari dari pengalaman hidup. Ilmu bisa cepat dan mudah dipelajari, tapi adab/karakter butuh waktu yang lama untuk dipelajari dan diaplikasikan dalam hidup sehari-hari.

“Pelajari adab sebelum mempelajari ilmu, karena ilmu tanpa adab ibarat api tanpa kayu bakar, sedangkan adab tanpa ilmu ibarat jasad tanpa ruh”, pinta Aang Nandang Iskandar.

Camat Cileungsi Adhi Nugraha menyampaikan apresiasi kepada Ibu Kepala Sekolah dalam kegiatan pelepasan siswa juga kegiatan penguatan profil pelajar Pancasila.

“Kita sudah berkomitmen bersama bahwa Pancasila sebagai falsafah negara, ideologi negara, landasan hidup negara. Kita sudah tumbuh dan berkembang hidup sebagai bangsa merdeka, berdaulat menuju masyarakat adil dan makmur. Alhamdulilah ditengah kemajemukan bangsa Pancasila semakin diterima masyarakat. Dengan Pancasila kita disatukan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika”, ungkapnya.

Adhi berkata siswa SDN Babakan 03 pasti berasal dari berbagai etnis; Sunda, Jawa, Batak dan lainnya, tetapi dalam forum seperti kali ini Kearifan Lokal, bahasa, acara adat Sunda bisa diterima semua, sebagai juga simbol kebhinekaan.

“Bahkan dalam acara seperti ini terkuak bikin kita bangga bahwasanya dalam lomba Puhu (lomba kaitan dengan bahasa Sunda -red) juara satunya se-kabupaten Bogor adalah siswa SMPN 1 Cileungsi dari suku Batak”, ujar Adhi dan hal ini tentu memotivasi siswa darimana pun berasal untuk mencintai kearifan lokal.

Esti Wahyu Mudjiastutik, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Babakan 03 menyatakan rasa syukur bahwasanya anak kelas VI saat ini sudah lulus.

“Pesan Ibu, tetap semangat belajar, lanjutkan ke SMP negeri, swasta, atau Pondok Pesantren. Kalianlah yang menggantikan Ibu-Bpk guru nanti, kalian akan menjadi generasi penerus,” ujarnya.

Esti juga berpesan agar di SMP nanti pandai-pandai menjaga diri, pandai-pandai membawa diri. “Jaga nama baik diri sendiri, nama baik keluarga, nama baik sekolah dan nama baik lingkungan”, pinta Esti.

Acara berjalan dengan meriah berkat berbagai pertunjukan siswa P5 dan prosesi adat Sunda berkaitan dengan pelepasan siswa kelas VI dengan musik pengiring gamelan yang dimainkan oleh jajaran guru SDN Babakan 03 Cileungsi. (Tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *