Jumat, Oktober 4, 2024
BogorJAWA BARATPEMERINTAHAN

Gelar Musrenbang Desa Dalam Rangka Penyusunan RKPDes Tahun 2024, Pemdes Nambo Klapanunggal Akan Sepakati Skala Prioritas

Klapanunggal,Klikinfoku.com – Jelang akhir bulan September 2023, Pemerintah Desa (Pemdes) Nambo menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2024 di Aula Kantor Desa Nambo Kec Klapanunggal Kab Bogor Jawa Barat pada hari Senin pagi (25/09/2023).

MusrenbangDes Nambo dihadiri Plt Camat Klapanunggal Galuh Sri Wahyuni, S.STP MM sebagai nara sumber didampingi Kasi Ekbang dan staf Kecamatan, Kepala Desa Nambo Nanang, SE, Ketua BPD Nesin Minda, pendamping Desa, Babinsa Sertu Sukamdi, Bhabinkamtibmas Aipda Amir M, Lembaga Desa lainnya, jajaran Kadus, RW, RT, TP PKK, Kader Posyandu dan pengurus Bumdes.

Plt Camat Klapanunggal Galuh Sri Wahyuni menyambut baik digelarnya MusrenbangDes sebagai wadah menampung usulan dari para stakeholder Desa Nambo untuk RKPDes tahun 2024.

“Silahkan bapak ibu mengusulkan bukan hanya soal pembangunan fisik tapi juga peningkat kapasitas pelatihan Bidan Desa ataupun Kader Posyandu,” ujar Galuh.

“Kalau ada lahan fasum-fasos bisa diusulkan misal penambahan SMP Negeri dan SMA Negeri karena saat ini di Kecamatan Klapanunggal baru ada satu baik itu SMP Negeri dan SMAN Negeri nanti akan dilihat prioritas,” tambahnya.

Galuh juga mengingatkan bahwa sejak saat ini sampai tahun 2024 negara kita memasuki tahun politik akan ada Pemilu dan Pilpres dimana anggaran tersedot untuk kepentingan hajat tersebut tetapi harus tetap optimis terkait kegiatan pembangunan.

“Jangan pesimis apa yang belum terealisasi tetap diusulkan, jalur lain pun bisa ditempuh misal melalui aspirasi anggota Dewan jalur Legislatif, tahun 2024 nanti Kecamatan Klapanunggal masuk dapil 2, mudah-mudahan melalui MusrenbangDes ini apa yang direncanakan dengan baik kelak dapat terlaksana dengan baik demi kepentingan dan kemajuan Desa Nambo,” ungkap Galuh.

Sebelumnya Kades Nambo Nanang menyatakan bahwa keinginan sangat banyak tetapi apa yang menjadi kebutuhan prioritas sesuai kemampuan anggaran Desa disepakati dalam Musrenbang Desa ini. Intinya…. kerjasama stakeholder yg tertuang dlm RKP Desa ini.

“Setiap usulan dari wilayah, kebutuhan pembangunan untuk tahun 2024 menyesuaikan RPJMDes yang memang sudah diprogram, setiap bidang menyesuaikan berdasarkan prioritas untuk peningkatan dalam bidang kesejahteraan dengan menunjang fasilitas perekonomian, infrastruktur jalan, peningkatan fungsi Bumdes misal pengelolaan sampah berbasis masyarakat untuk menunjang ekonomi masyarakat,” jelas Nanang.

“Pembangunan yang tidak tercover dalam ranah APBDes misal usulan pembangunan akses di jalan Kabupaten, Sekolah, kegiatan Bumdes sesuai dengan regulasi dan pemanfaatannya akan diusulkan ke Musrenbang Kecamatan agar difasilitasi Pemkab ataupun Pusat. Mudah-mudahan RKP Desa Nambo berjalan dengan baik mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan dan Pertanggungjawabannya,” pungkas Nanang.

Sementara itu Ketua BPD Nesin Minda bertekad akan terus mengawal kegiatan ini dan terus berkomunikasi dan berkordinasi dengan Pemdes khususnya Kepala Desa.

“Mudah-mudahan apa kesepakan yang diprogramkan kegiatan tahun 2024 dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses untuk masyarakat Desa Nambo,” ujarnya penuh harap. (Tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *