Jumat, Oktober 4, 2024
BogorJAWA BARATPEMERINTAHAN

Terpilih Jadi Desa Digital, Pemdes Cipenjo Sosialisasikan ‘Smart Village’

Cileungsi,Klikinfoku.com – Dipilih jadi Desa Digital, Pemerintah Desa Cipenjo Cileungsi Kabupaten Bogor menggelar Sosialisasi Desa Digital dalam rangka Program Desa Digital dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di aula Kantor Desa Cipenjo pada Senin (22/7/2024).

Disebutkan bahwa Kemendes PPDT telah memilih dua Desa di Kecamatan Cileungsi yakni Desa Dayeuh dan Desa Cipenjo dari 15 Desa yang terpilih di Kabupaten Bogor, yang mana Program Desa Digital merupakan kerjasama Kemendes PDTT dengan Bank Dunia

Sosialisasi ini dihadiri oleh Sekcam Cileungsi M. Junan Hatala, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa, Binwil Pol-PP, RW, RT, Kader PKK.

Kepala Desa Cipenjo Hj. Yeni Lusiana mengaku bersyukur bahwa Desa Cipenjo bersama Desa Dayeuh terpilih sebagai Desa Digital, diharapkan ke depannya program digitalisasi ini bisa berkelanjutan dan bisa mendapatkan predikat “Desa Cerdas”.

Pendamping Desa sekaligus Nara Sumber Sosialisasi dari Kemendes DPTT Lilis dalam sosialisasinya menyampaikan pokok-pokok Program Desa Digital, anara lain:

1. Kemendes DPTT membentuk Desa Digital dalam bentuk Ruang Komunitas Desa Digital (RKDD) di Desa. Tahun 2024 ini dimulai denfan 4 RKDD, dengan total anggota 30 orang.

2. RKDD nantinya akan mempunyai kemampuan mengelola desa secara digital untuk semua bidang.

3. RKDD terdiri dari Kader yang sudah mengikuti Bintek 9 hari di Jakarta (dari Desa Cipenjo Choirul), dan warga desa yang mempunyai potensi dan kemampuan digital, yang keberadaannya dapat diusulkan dan dibuatkan Surat Keputusan oleh Kemendes DPTT.

4. Setiap RKDD akan diberikan fasilitas komputer, printer dan wifi, dan akan diberikan mulai bulan Agustus 2024.

5. RKDD bisa mengusulkan dan meminta kebutuhan fasiltas digital lainnya ke Kemendes PDTT.

6. RKDD jika mempunyai keuntungan dapat berbagi dengan desa.

7. RKDD dapat menggunakan Dana Desa.

8. RKDD tidak boleh dipergunakan untuk kepentingan pribadi atau golongan termasuk politik.

Acara sosialisasi berlangsung singkat hal ini juga diakibatkan oleh gangguan jaringan internet ditengah berlangsungnya acara sehingga terlihat kontradiktif dengan tema acara. (Tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *