Jumat, Oktober 4, 2024
BogorJAWA BARATPEMERINTAHAN

Usai Dilakukan Revitalisasi, Kini Dompet Dhuafa Kemang Bogor Hadirkan Madina Zoo dan Madina Playground

KEMANG,Klikinfoku.com – Pasca dilakukan revitalisasi, saat ini kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa yang berada di Desa Jampang Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor menghadirkan satu kawasan pusat kegiatan sekaligus juga area wisata bagi warga masyarakat.

Kawasan yang baru saja diresmikan itu bernama Madina Zoo dan Madina Play Ground, sebagai pusat pendidikan dan taman wisata edukasi yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

“Di Madiba Zoo dan Madina Play Ground, pengunjung akan dimanjakan dengan melihat berbagai macam jenis satwa seperti iguana, marmut, ikan hias, ayam dan burung. Disediakan pula area yang luas untuk arena bermain anak – anak,” ungkap Syahrawardi, selalu Manager Fundraising dan Komunikasi Zona Madina Dompet Dhuafa.

Prosesi peresmian Madina Zoo dan Madina Playground dilakukan dengan menerbangkan burung merpati yang dilakukan oleh Dini Khoirinnisa, Manager Kewirausaahan Sosial Zona Madina bersama Nurul Khoeriyah, HC Zona Madina Dompet Dhuafa dan Syahlawardi Manager Fundraising dan Komunikasi Zona Madina Dompet Dhuafa dan dua perwakilan dari peserta yang hadir.

Dini menuturkan, hadirnya Madina Zoo dan Madina Playground sebagai upaya untuk menarik masyarakat memasuki dan melihat kawasan Zona Madina.

“Kebun binatang mini itu memiliki konsep yang sederhana, tetapi menarik untuk dikunjungi wisatawan, terutama anak – anak, terlebih lagi Bogor sebagai kota wisata keluarga,” ucap Dini.

Menurutnya, kawasan Zona Madina sangat potensial untuk kegiatan yang menjadi pusat aktivitas dari masyarakat sekitar. Makanya dibuat macam “sarang semut” yang bisa mendatangkan warga masyarakat masuk ke kawasan Zona Madina Dompet Madina.

“Dalam setahun ini kita telah buat Teras Madina, kebun binatang mini dan ada juga playground. Jadi ini sebagai penarik supaya masyarakat itu tertarik masuk kawasan Zona Madina,” kata Dini.

Dompet Dhuafa, lanjutnya, selalu lekat dengan memberdayakan para mustahik, begitu pula adanya Madina Zoo dan Madina Playground. Para pengelola Madina Zoo dan Madina Playground adalah para mustahik yang berada di sekitar Zona Madina.

“Semua pusat aktivitas di Zona Madina ini dikelola sama mustahik, seperti Teras Madina itu dipegang ibu – ibu mustahik yang dulu bekerja di kantin Zona Madina. Yang mengelola mini zoo dan playground ini adalah masyarakat sekitar, mustahik di sekitar zona madina yang memang mereka membutuhkan pekerjaan dan masuk bergabung ke Zona Madina untuk mendapatkan manfaat, terutama benefit ekonomi,” pungkasnya.

Usia giat peresmian Madina Zoo dan Madina Play Ground, para peserta yang hadir disuguhkan dengan penampilan “Dongeng” dari salah satu tim Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa, Dian, membawakan kisah mengenai “Dobi si Domba”. Anak-anak memperhatikan dengan seksama dan antusias, mereka pun tertawa lepas saat mendengarkan dongeng.

Dilanjutkan dengan berkeliling, para peserta dibagi menjadi 4 grup yang akan bergantian mengunjungi Madina Zoo dan Madina Playground, selain itu anak-anak juga belajar memanah dan bermain. Anak-anak juga diperbolehkan untuk memasuki kandang dan memberi makan secara langsung hewan-hewan yang ada.

Salah satu yang mengunjungi Madina Zoo adalah Leli, Guru PAUD Permata Hati. Menurutnya adanya kebun binatang mini ini dapat menghibur anak-anak.

“Tadi itu kita mendengarkan dongeng, cerita tentang binatang, terus anak-anak senang main playground, main games sama melihat binatang-binatang sambil memberikan makanan ke marmut dan burung, Jadi anak-anak merasa terhibur dan rileks, karena setiap harinya jarang melihat binatang-binatang tapi dengan adanya di sini, Alhamdulilah anak – anak merasa terhibur,” ungkap Leli.

Sementara menurut Siti Fatimah, Guru PAUD Pengembangan Insani, Madina Playground dan Madina Zoo dapat melatih motorik dan kognitif anak, di mana dapat menambah pengetahuan anak mengenai binatang dan lebih aktif dengan bermain di playground.

“Sangat bermanfaat karena melatih motorik anak juga, karena lompat, dan kognitif juga melatih anak untuk mengingat binatang apa aja sih yang ada di mini zoo itu,” terang Fatimah.

Sementara Aqila, salah satu siswi PAUD Al Istihad, bercerita tentang keseruannya memberi makan ikan di Madina Zoo. “Tadi aku main ikan, ngasih makan ikan, senang dan seru, liat iguana juga,” cerita Aqila.

Sebagai informasi, masyarakat umum juga dapat merasakan keseruan itu dengan berkunjung langsung ke Madina Zoo Zona Madina. Selain dapat melihat bintang secara langsung, juga dapat memanah, tentunya dengan tiket yang ramah di kantong, tiket weekdays akan dikenakan seharga Rp.5000, sementara weekend dikenakan tiket Rp.10.000,- (Rdy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *