Jumat, Oktober 4, 2024
BogorJAWA BARATPEMERINTAHAN

Serap Samisade, Pemdes Bojong Bangun Pondasi Kali dan Pengurugan Jalan

KLAPANUNGGAL, Klikinfoku.com – Dapat kucuran bantuan keuangan Pemkab Bogor untuk infrastruktur, Pemerintah Desa (Pemdes) Bojong Klapanunggal Kabupaten Bogor Jawa Barat meluncurkan atau launching program bantuan keuangan tersebut dengan nama Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun anggaran 2023, pada Kamis (20/7/2023) lalu.

Launching di hadiri Camat Klapanunggal Galuh Sri Wahyuni, S.STP. MM, Kades Desa Bojong Ade Nurdiana, SKM dan jajarannya, beserta tim verifikasi Kecamatan, lembaga desa, tokoh pemuda, tokoh agama dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Program peningkatan infrastruktur melalui pembangunan pondasi (turap) bantaran kali di Kampung Bojong, RT/RW 009/004, Desa Bojong, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Diketahui dana Samisade Tahun 2023 ini akan dimanfaatkan untuk peningkatan infrastruktur yang difokuskan pada pondasi jalan dan pengurugan di bantaran Kali Bojong, pada tahap satu dengan volume panjang 655 meter lebar 4 meter tinggi 1,5 meter.

Sementara tahap dua, sekaligus lokasi kedua, dengan panjang 1.506 meter lebar 3 meter tinggi 1,5 meter, dengan melibatkan TPK (Tm Pelaksana Kerja) oleh warga setempat, yang ditargetkan pengerjaan selesai 41 hari dengan total sejumlah Rp. 1.000.000.000 (satu milliar) yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor.

Kepada awak media, Kepala Desa Bojong Ade Nudiana menjelaskan bahwa anggaran Samisade difokuskan untuk pembangunan pondasi jalan di bantaran kali/sungai.

“Semula lebar jalan 3 meter, kita tambah 1 meter agar bisa dilalui kendaraan roda empat sehingga tidak menyulitkan kendaraan yang lewat berpapasan dan tidak terganggu mobilitas warga yang hendak melalui jalan ini,” ujarnya.

Ade mengatakan, pembangunan jalan tersebut, sudah sangat lama dinanti-nanti oleh warga, dan baru saat ini bisa direalisasikan dengan program Bupati Bogor, yaitu Samisade.

“Jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga mereka sangat antusias jalan ini bisa dibangun atau ditingkatkan kualitasnya,” ungkapnya.

Pemdes Bojong dan masyarakat Desa Bojong mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor yang sudah memberikan program bantuan ini.

Bantuan dana infrastruktur Samisade yang digulirkan Bupati Bogor ini dimanfaatkan untuk membangun jalan Desa.

Menurut Ade Nurdiana, selain memudahkan akses warga, pembangunan pondasi jalan di bantaran sungai/kali ini tujuannya untuk memperlebar jalan Desa agar perekonomian masyarakat meningkat pesat.

“Semoga dengan pembangunan ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, yang mana jalan ini merupakan jalan yang sangat menopang mobilitas warga Bojong,” pungkasnya. (Tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *