Jumat, Oktober 4, 2024
BogorJAWA BARATPEMERINTAHAN

Manfaatkan Dana Samisade, Kades Klapanunggal Fokus Bangun Jalan Kp Bagogog Yang Selama Ini Terisolir

Klapanunggal,Klikinfoku.com – Selepas merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-78, warga Kp Bagogog Desa Klapanunggal Kabupaten Bogor kini juga merasa lega merasakan kemerdekaan di bidang infrasruktur karena saat ini telah memiliki jalan mulus dan halus.

Penantian selama tiga tahun terakhir terbayar lunas tatkala Pemdes Klapanunggal mengalokasikan anggaran Samisade tahun 2023 ini untuk membangun jalan di kampung yang sudah lama terisolasi tersebut seperti pantauan awak media Selasa, (22/08/2023).

“Jadi Kp Bagogog itu adanya di atas gunung kapur, dan jalan menuju kesana sangat parah dan memprihatinkan, padahal ada perkampungan diatas sana yang sudah lama sekali luput dari perhatian,” ujar Ade Endang selaku Kepala Desa Klapanunggal kepada awak media.

Karena hal itu Ade berinisiatif mengalokasikan anggaran Samisade khusus untuk melakukan betonisasi jalan di wilayah Kp Bagogog agar mereka yang tinggal di sana tidak lagi terisolasi karena jalannya berbatu dan sangat parah sekali untuk dilalui.

Bagi pengendara roda dua yang belum lihai, dipastikan akan sering terjatuh jika melalui jalan Kampung tersebut saking rusaknya jalan.

“Pada dasarnya semua warga berhak untuk merasakan jalan yang bagus dan mulus, tak terkecuali warga di Pegunungan Kp Bagogog tersebut. Jika jalannya sudah bagus secara otomatis tingkat perekonomian dan pendidikan warga di situ pun akan meningkat,” ungkapnya.

“Bukan hanya terbelakang soal infrastruktur, Kampung tersebut juga minim akan pendidikan karena jarak menuju sekolah yang sangat jauh sekali, tak jarang mereka memilih untuk tidak menyekolahkan anaknya.

Maka dari itu, saya berniat setelah selesai dengan persoalan infrastrukturnya, saya akan membuat sekolah di Kampung tersebut untuk meningkatkan taraf hidup dan pendidikan warga Kp Bagogog yang selama ini luput dari perhatian Pemdes,” jelas Ade Endang yang akrab disapa Gonon.

Gonon belum genap satu periode menjabat Kades Klapanunggal tetapi dirinya menyebut akan terus merapikan persoalan-persoalan yang krusial yang ada di Desa Klapanunggal. Mulai dari pembangunan infrastuktur yang harus merata, pendidikan yang harus setara, dan ekonomi warga juga harus terus meningkat, serta persoalan-persoalan sengketa lahan yang harus juga diselesaikan agar tidak ada warganya atau pihak lain yang dirugikan.

Sementara itu TPK Betonisasi Samisade Desa Klapanunggal, Hilal mengatakan, untuk tahap pertama ini pekerjaan betonisasi jalan di Kp Bagogog sudah berjalan 80 persen dan hampir selesai. Mengingat kondisi jalan yang sangat memprihatinkan, maka untuk pembangunan jalan di lokasi tersebut harus berlapis.

“Pertama kami gelar base course untuk perataan, selanjutnya kami gelar lantai kerja dengan volume 5 cm dengan menggunakan beton/mix K.100, dan selanjutnya gelar beton dengan volume 20 cm dengan kualitas K.250. Jika tidak dilakukan perataan terlebih dahulu, dikhawatirkan beton yang digelar tidak akan sempurna.

Jika tidak dilakukan betonisasi secara berlapis, dikhawatirkan beton mudah patah dan amblas, karena kontur tanah di lokasi tersebut sangat labil sekali,” jelasnya. (Tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *