Kamis, Mei 16, 2024
BogorBUDAYAJAWA BARATPEMERINTAHANSeniSosial

Perkuat Kecintaan Warisan Leluhur, Pemcam Cileungsi Bogor Kerjasama Dengan MMC Cibubur Launching Batik Khas Cileungsi

CILEUNGSI,Klikinfoku.com – Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Batik Indonesia dapat berkembang hingga sampai pada suatu tingkatan yang tak ada bandingannya baik dalam corak atau motif maupun prosesnya.

Dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, sebagai tanggal diakui dan ditetapkannya Batik sebagai warisan Kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi dari Indonesia oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober tahun 2009 lalu.

Momen tersebut diperingati oleh Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Cileungsi bekerjasama dengan Metland Mall Cibubur (MMC) melaunching atau meluncurkan Batik Khas Cileungsi, di Urban Terrace MMC pada Kamis (12/10/2023).

Informasi yang diperoleh bahwa Batik Cileungsi dengan ciri-ciri yang terdiri dari ikon khas lokal di Kecamatan Cileungsi dengan filosofi berupa:

(1) Kue Pandan, sebagai makanan khas dan hanya bisa dibuat oleh orang-orang tertentu melambangkan bahwa warga Cileungsi mempunyai kemampuan tersendiri;

(2) Situ Tunggilis, Situ terbesar di Cileungsi dengan luas 35 Ha tidak pernah mengalami kekeringan saat musim panas, melambangkan adanya sumber kehidupan;

(3) Keris Kujang, lambang Provinsi Jawa Barat;

(4) Cempedak, buah dengan warna dan keharuman khas yang menarik;

(5) Tugu Pancakarsa, lambang Kabupaten dan Kota Bogor. Dasar warna kain beraneka warna, yaitu hitam, orange, coklat, merah muda, dan biru atau dapat disesuaikan, didesain oleh Tim TP PKK Kecamatan Cileungsi.

Camat Cileungsi Adhi Nugraha, S.STP. M.H. dalam sambutannya menyatakan pihaknya sudah mewajibkan pemakaian Batik Khas Cileungsi pada hari tertentu sejak awal tahun 2023.

“Saya sudah instruksikan pemakaian Batik Khas Cileungsi di pegawai Kantor Kecamatan dan ke depannya dapat digunakan oleh seluruh warga atau instansi lainnya di Kecamatan Cileungsi,” jelas Adhi yang baru hitungan hari di wisuda Program Master Hukum.

“Inovasi dan kreasi harus terus dikembangkan dari potensi yang ada di Kecamatan Cileungsi”, lanjut Adhi yang memakai batik khas Cileungsi berwarna dasar biru bersama pejabat Cileungsi lainnya.

Adhi juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Manajemen Metland Mall Cibubur yang telah memfasilitasi acara launching atau peluncuran Batik Khas Cileungsi tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Direksi Metland Wahyu Sulistio menyambut baik dan mendukung acara peluncuran Batik Khas Cileungsi sebagai pengembangan kekayaan dan kearifan lokal.

“Bukti dukungan kami adalah dengan memesan Batik Khas untuk dipakai oleh jajaran Direksi Metland dan unit usaha yang ada di wilayah Cileungsi, termasuk Metland School”, ungkap Wahyu yang disambut tepuk tangan meriah dari siswa-siswi SMK Metland yang hadir pada acara tersebut.

Sementara itu Ketua TP PKK Kab. Bogor yang juga isteri dari Bupati Bogor H. Iwan Setiawan yakni Hj. Halimatu Sadiyah Iwan kepada awak media menyampaikan harapannya agar seluruh Kecamatan di Kabupaten Bogor juga mengembangkan potensi di wilayahnya masing-masing.

“Terima kasih kepada pihak Metropolitan Mall Cibubur yang telah memfasilitasi peluncuran Batik Khas Cileungsi, semoga kedepan Batik bisa berkembang lebih luas lagi”, tutur Halimatu yang juga Pembina TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Pantauan awak media, seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Cileungsi juga hadir pada acara peluncuran tersebut. Kepala Desa Cipeucang Gopur Atmaja menyatakan senang dengan munculnya ikon Kecamatan Cileungsi berupa Batik Khas Cileungsi.

Hal senada juga diucapkan Kepala Desa Situsari M Dahlan yang merasa senang wilayahnya Situ Tunggilis menjadi salah satu motif pada Batik Khas Cileungsi.

Bersamaan dengan acara Launching Batik Khas Cileungsi juga diisi dengan Traditional Dance Performance, Fashion Show SMK Metland dan penutup acara dengan Traditional Music Performance, salah satunya dipersembahkan oleh Karawitan SMK Muhammadiyah 3 Cileungsi Bogor pimpinan Ahmad Fadholi, M.Pd.

Acara Launching Batik Khas Cileungsi berlangsung cukup meriah serta banyak dihadiri pejabat tampak hadir; Kabid Budaya Pariwisata, Ketua TP PKK Kec Cileungsi Hesty Adhi Nugraha, Ketua IWAPI Kab. Bogor, GM MMC Roni, GM Apartemen Kaliana Anastasia, GM Metland Cileungsi Dika Mahardika, Ketua MUI Cileungsi.

Kemudian Kepala KUA Cileungsi, Ketua K3S dan para Kepala Sekolah SD, Ketua PPK, Perwakilan Kapolsek dan Danramil termasuk Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Cileungsi, serta Karang Taruna Kecamatan Cileungsi, didukung penuh Manajemen Mall Metland Cibubur. (Tom/Sil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *