Jumat, Oktober 4, 2024
BogorJAWA BARATPEMERINTAHANPendidikan

Komite Sekolah Bergerak Fasilitasi Rehab Penyediaan Sarana Air Bersih, Pasca SMAN 1 Darurat Air Bersih

CILEUNGSI,Klikinfoku.com – Kebutuhan air bersih yang cukup dan memadai sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Keadaan darurat air bersih dan ketiadaan sarana penyediaanya air bagi kebutuhan 1200 peserta didik sempat dirasakan oleh SMAN 1 Cileungsi dari 5 sumber titk air yang ada.

Hal ini terungkap saat pertemuan awak media dengan Ketua Komite, Humas dan guru SMAN 1 Cileungsi di ruang guru SMAN 1 Cileungsi Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor pada hari Selasa pagi (3/9/2024).

Disebutkan bahwa selama ini 5 titik pompa air yang mensuplai ke toilet, laboratorium, musholla, ruang kantor, dapur, kantin dan kolam tidak mencukupi dan kerap kali kehabisan saat jam belajar mengajar dan kondisi ini sangat memprihatinkan.

Setelah memperhitungkan kebutuhan yang dimaksud lalu dibuatkan proposal oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Cileungsi Hj. Ani Rohaeni, S.Pd., M.Pd mengajukan kebutuhan Wakaf Air dan Sarana Ibadah dengan nilai total sebesar Rp. 152.400.000,- kepada Komite Sekolah.

Ketua Komite SMAN 1 Cileungsi Drs. H. Edi Djuarsah mengatakan bahwa setelah mengadakan rapat dengan Orangtua Peserta Didik pihaknya telah menyetujui proposal yang diajukan pihak sekolah dan menetapkan sumber dana dari seluruh karyawan dan keluarga besar SMAN 1 Cileungsi.

Partisipasi dari orang tua ada yang dikoordinir oleh Korlas, kesepakatan dengan orang tua siswa adanya sumbangan sebesar Rp.200.000,- per orang dengan alokasi Rp.100.000,- untuk wakaf air dan Rp. 100.000,- untuk sarana ibadah.

Terkait hal ini, Ketua Komite Sekolah Edi Djuarsah menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada keharusan dari Orangtua atau peserta didik untuk wajib memberikan nominal dana dimaksud karena bersifat sukarela dan tidak ada paksaan.

“Hal ini mungkin dari kebijakan, kesepakatan dan inisiatif orang tua siswa dan Korlas, permintaan dana bersifat sumbangan sukarela tidak memberikan juga tidak apa-apa kalau memang mampu,” ungkap Edi yang sebelum pertemuan dengan awak media sedang memantau pekerjaan rehabilitasi sarana air.

Edi menegaskan dari rencana anggaran proposal pihaknya tetap memprioritaskan untuk pengadaan sarana air bersih terlebih dahulu bagi kebutuhan sekolah karena hal ini yang paling urgent.

“Saat ini bertahap sedang dilakukan pengecoran untuk dudukan toren penampung air, dan berikutnya pengeboran untuk menambah kedalaman pipa air tanah,” katanya.

Sementara itu Humas SMAN 1 Cileungsi Ela Maya Puspitasari, MM, juga memberikan keterangan kepada awak media bahwa pihak sekolah akan transparan terkait seluruh pemasukan dan pengeluaran dana yang terkumpul penggunaannya dapat dilihat oleh siapa saja.

SMAN 1 Cileungsi dari dulu dikenal sebagai sekolah favorit dan terkemuka di Bogor Timur, alumninya tersebar ke beberapa PTN dan Sekolah Ikatan Dinas seluruh Indonesia.
(Tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *