Kamis, Mei 16, 2024
BogorEKONOMI BISNISJAWA BARAT

UpSkilling Petugas, PLN Gunung Putri Gelar Akademi P2TL

Kab. Bogor, Klik Infoku.com

P2TL atau Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PLN yakni melakukan pemeriksaan secara teknis terhadap saluran kabel beserta KWH meter dan MCB yang terpasang di masing-masing persil pelanggan PLN untuk memastikan bahwa jaringan listrik dan KWH Meter berfungsi secara baik dan benar dan melakukan penertiban bilamana dilokasi terdapat sambungan listrik ilegal.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghindari pelanggan dan masyarakat dari bahaya-bahaya kelistrikan yang mungkin bisa timbul akibat kesalahan penggunaan dan instalasi yang tidak sesuai standar.
Agar kegiatan P2TL dapat berjalan baik dan konsisten sangat dibutuhkan petugas yang berkompeten

Pada Rabu 20 Maret 2024, PLN Gunung Putri mengadakan Akademi P2TL bagi mitra kerja yang melakukan pekerjaan P2TL. Kegiatan yang diikuti oleh 25 peserta dilaksanakan selama 2 (dua) hari bertujuan untuk penyegaran dan peningkatan kompetensi petugas P2TL.

Ditemui pada acara tersebut Manager PLN Gunung Putri Alamsyah Anwar mengatakan bahwa pekerjaan P2TL memiliki potensi bahaya bagi keselamatan petugas. Akademi P2TL ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi petugas, memastikan mutu dan kwalitas pekerjaan serta keselamatan petugas dan pelanggan atau masyarakat.

Lebih lanjut Alamsyah mengajak masyarakat untuk lebih mengenal petugas P2TL PLN agar terhindar dari petugas gadungan.
Petugas P2TL PLN memiliki ciri2 sebagai berikut :
1. Berpakaian dinas dengan identitas, dilengkapai dengan Surat Tugas resmi
2. Menjelaskan maksud dan tujuan pemeriksaan kepada pelanggan
3. Meminta pelanggan mendampingi selama pemeriksaan berlangsung
4. Memperhatikan keamanan instalasi ketenagalistrikan dan keselamatan umum saat melakukan pemeriksaan dan pengambilan barang bukti
5. Memberikan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan meminta tanda tangan pelanggan

Sementara pada kesempatan berbeda di Bandung, General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia mengatakan bahwa PLN harus memastikan kualitas layanan penyediaan tenaga listrik, keamanan dan keselamatan kelistrikan. Untuk itu Susiana mengajak masyarakat agar dapat mendukung pelaksanaan kegiatan P2TL, karena penggunaan listrik yang tidak sesuai standar dan ketentuan maupun bentuk pelanggaran lainnya sangat membahayakan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

“Demi keselamatan kelistrikan bagi diri sendiri, dan orang lain di sekitar kita, marilah kita gunakan listrik dengan baik dan benar,” pungkasnya.
Sumber: Humas PLN Up3 GunungPutri (Tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *