Kamis, Mei 16, 2024
BogorEKONOMI BISNISJAWA BARAT

Kartini Spirit, MSP-Metland School Project Adakan Pagelaran Aneka Model Batik dan Batik Cantik Khas Bogor di Metropolitan Mall Cibubur

CILEUNGSI,Klikinfoku.com – Metland School Project (MSP) SMK Pariwisata Metland School Cileungsi bekerjasama dengan Metropolitan Mall Cibubur (MMC) menyelenggarakan pagelaran Aneka Model dan Batik Cantik Khas Bogor dalam rangka peringatan hari RA Kartini di Terrace MMC kawasan Metland Cileungsi pada Sabtu, (20 April 2024).

Bertema “Kartini Spirit”, kegiatan ini berlatar belakang dari keteladanan R.A. Kartini dalam kesederhanaannya yang tercermin dari pakaian batik kebaya, namun mempunyai wawasan luas khususnya dalam perjuangan pendidikan dan kesetaraan kaum wanita.

Acara dimulai dengan hikmat, sajian lagu Ibu Kita Kartini dari Metschoo Entertainment yang diikuti oleh pengunjung yang hadir sambil berdiri bernyanyi bersama juga mewarnai pembukaan semarak acara pagelaran busana batik ini.

Aneka jenis pakaian model batik yang ditampilkan dan diperagakan mulai dari batik harian, kebaya, adat, pesta, santai, harian, resmi, jilbab dan lainnya tampak sangat anggun oleh 22 model dari SMK Pariwisata Metland School Cileungsi.

Imelda salah seorang model kebaya hijau bawahan batik mengaku terinspirasi memakai batik dari tik tok. “Saya terinspirasi dari perpaduan tutorial batik dan make up-nya,” ujar Imelda singkat.

Kepala Sekolah SMK Pariwisata Metland School Drs. Darmawan Sunarja, M.M.Par diantara yang hadir berharap dengan kegiatan ini generasi muda milenial bisa memaknai dan merayakan Hari Kartini dengan kekinian.

“Dengan kegiatan ini diharapkan Generasi Milenial atau Gen Z yang berusia dibawah 23 tahun, bisa berkreasi, mempunyai kepercayaan diri dan kompetensi yang bagus”, tutur Darmawan.

Turut diundang beberapa orang dari IWAPI (Woman Economic Empowerment for Indonesia) Korwil 2 Cileungsi Eva, Sundari dan Vhia. IWAPI menyatakan mendukung kegiatan Kartini Spirit yang mengambil tema Batik Cantik Bogor.

“Kita bisa melihat karya-karya generasi sekarang ini dalam berbusana batik yang ditampilkan, terlebih mengambil tema Batik Cantik Bogor”, jelas Eva.

Sementara Vhia juga berharap akan lahirnya pengusaha- pengusaha wanita muda ke depannya yang mencintai batik sebagai warisan leluhur yang harus dilestarikan.

Puncak acara ditutup dengan perkenalan dan penampilan kreasi Batik Cantik Bogor oleh Pengusaha Wanita Batik Bogor Hesty Adhi Nugraha.

Hesty berharap setiap setiap generasi muda dapat mengerti dan memahami perkembangan dan ciri khas batik di daerahnya masing-masing, yang dapat memberi inspirasi untuk berkreasi, seperti Batik Cantik Khas Bogor yang terinspirasi dari Roti Pandan, Buah Cempedak dan Situ Cipeucang yang banyak dan ada di Cileungsi, menjadi inspirasi dalam menentukan motif batik.

“Terbukti saya sebagai pengusaha telah diundang oleh Management Metland untuk memperkenalkan Batik Cantik Khas Bogor”, tutur Hesty yang juga sebelumnya pernah sebagai Ketua TP PKK Kecamatan Cileungsi.

Seluruh pagelaran aneka batik dan model Batik Cantik Khas Bogor mendapatkan sambutan dan antusiasme dari para undangan serta pengunjung Metropolitan Mall Cibubur yang hadir di lokasi acara. (Tom/Sil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *