Kamis, Mei 16, 2024
BogorBUDAYAJAWA BARATPEMERINTAHANPendidikanSosial

Tanamkan Cinta dan Lestarikan Budaya Nusantara, SDN Palasari 01 Cileungsi Gelar Seni Tari Tarian Nasional Dalam Ujian Praktek

CILEUNGSI,Klikinfoku.com – Indonesia sangat kaya dengan beragam seni budaya Nusantara bahkan beberapa tarian sudah mendunia yang mengharumkan Indonesia di kancah Internasional sebagai salah satu negara yang kaya seni budaya termasuk seni tari.

Untuk menanamkan rasa cinta akan budaya dan tarian Indonesia yang akhir-akhir ini tergerus budaya asing, maka diadakan kegiatan bertajuk “Lestarikan Budaya Bangsa mu Dengan Menari Tarian Nasional” SDN Palasari 01, dengan menggelar Ujian Praktek Seni Tari untuk Kelas VI, di halaman sekolah SDN Palasari 01 Desa Mampir Kec Cileungsi Kab Bogor pada Jum’at pagi (26/4/2024).

Puluhan ragam Tarian Nasional yang disajikan antara lain Indonesia Barat Sumatera ; tari Saman (Aceh), tari Tortor (Tapanuli), tari Jaipong (Karawang) sampai ke Indonesia Timur ada tari Lego-lego (NTT) dan Sajojo (Papua) sangat fantastik dan mengagumkan kita akan kekayaan seni tari budaya Indonesia.

Kepada awak media, Kepala sekolah Ratna Sari ,S.Pd mengungkapkan latar belakang diadakannya ujian Praktek Seni Tari ini karena didalam “Kurikulum Merdeka” terdapat muatan pelajaran Seni Tari yang harus dipelajari dan dikuasai oleh peserta didik dengan tujuan memperkenalkan dan melestarikan budaya bangsa Indonesia yang sangat beragam.

“Setelah pembelajaran Seni Tari selama kurang lebih dua semester ini, untuk mengukur sejauh mana kemampuan peserta didik kelas VI dalam menguasai tarian daerah, maka dilaksanakan lah Ujian Praktek Seni Tari Kelas VI SDN Palasari 01 Tahun Pelajaran 2023/2024,” ujar Ratna Sari salah satu Guru Penggerak yang diangkat menjadi Kepala Sekolah akhir Tahun 2023 lalu.

Ratna Sari berharap melalui ujian praktek seni tari di kelas VI yang mengusung tema “Lestarikan Budaya Bangsamu dengan Menari Tarian Nasional” diharapkan lulusan SD Negeri Palasari 01 mengenal dan dapat memperagakan seni tari dari berbagai daerah di Indonesia khususnya tarian Jawa Barat.

Selain itu, diharapkan mampu menghargai dan melestarikan budaya bangsa Indonesia yang semakin tergerus dengan budaya asing.

Jajaran Guru SDN Palasari 01 pun sangat antusias dengan adanya kegiatan Ujian Praktek Seni Tari ini, selain untuk mengukur kemampuan siswa, kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai ajang untuk memperkenalkan budaya daerah di Indonesia.

“Alhamdulillah kegiatan ini pun didukung oleh para wali murid, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” jelas Ratna.

Beberapa orang siswa mengatakan sangat senang karena dengan adanya kegiatan ini mereka dapat berlatih dengan teman-teman lainnya untuk mempersiapkan penampilan tari yang akan ditampilkan dalam ujian praktek.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini, selain kerjasama persiapan lomba bareng teman, saya dapat mengenal berbagai tarian daerah Nusantara, ternyata keren-keren ya,” ucap seorang peserta lomba. (Tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *