Kamis, Oktober 3, 2024
BogorJAWA BARATPEMERINTAHAN

Kenang Jasa Pahlawan Dan Tingkatkan Jiwa Nasionalisme, SDN Situsari 02 Cileungsi Gelar Karnaval HUT Kemerdekaan RI Ke-79

CILEUNGSI,Klikinfoku.com – Semarak HUT Kemerdekaan RI Ke-79 diperlihatkan keluarga besar SDN Situsari 02 Cileungsi Kabupaten Bogor dengan menggelar kegiatan “Karnaval Kemerdekaan” di seputaran wilayah Sekolah setempat pada. Senin pagi, (19/8/2024).

Iring-iringan 16 kelompok karnaval peserta didik SDN Situsari 02 dilepas oleh kepala sekolah N. Ani Satulwahsah, S.Pd dan dikawal oleh Bhabinkamtibmas Desa Situsari Aiptu Ary Herdiyat dan dewan guru dan turut dihadiri oleh ketua komite Suhendar.

Ani Satulwahsah mengatakan tujuan diadakannya karnaval ini adalah untuk memeriahkan dan memaknai hari kemerdekaan, dan kegiatan ini juga dimaksudkan agar seluruh peserta karnaval terutama siswa dan siswi SDN Situsari 02 terus mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia dan demi meningkatkan rasa cinta tanah air Indonesia.

Ani mengapresiasi respon yang sangat baik dari orang tua/wali murid dan murid SDN Situsari 02 dengan diadakannya acara ini.

“Mereka sangat antusias sekali dan mendukung kegiatan karnaval yang telah terselenggara tadi pagi dan hal ini menjadi sarana edukasi dari sekolah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air dalam momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 tahun ini,” ujar Ani dan menyebutkan peserta dinilai dari kostum, kekompakan dan yel-yel dan disiapkan apresiasi untuk pemenangnya.

Dan kata Ani, salah satu manfaat kegiatan karnaval ini adalah sebagai sarana edukasi kepada generasi muda dan anak didik mengenai aneka budaya yang ada di Indonesia. Misalnya dari pakaian adat, rumah adat, profesi dan aneka ragam pernak perniknya.

“Sehingga anak menjadi tahu dan melihat langsung keanekaragaman itu secara nyata dan dengan tampilan yang menarik. Bahkan adapula anak yang menggunakan kostum adat tertentu sehingga pengetahuan mereka pun menjadi bertambah,” ungkapnya.

Ani berharap dengan kegiatan karnaval dapat menjadi sarana meningkatkan rasa nasionalisme. Bagi generasi muda yang acuh dengan nasionalisme menjadi tergerak hatinya untuk turut berpartisipasi dengan kreasi dan atribut seperti bendera merah putih, lambang negara dan lainnya.

“Dengan adanya berbagai kreasi dan atribut yang ditampilkan itu paling tidak ada jiwa nasionalisme yang tertanam dalam diri mereka dan siap untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa Indonesia,” pungkas N. Ani Satulwahsah optimis.

Sementara itu ketua komite sekolah Suhendar menyampaikan apresiasi yang luar biasa dengan diadakannya karnaval ini, karena kegiatan ini memotivasi anak didik dan orang tua bahwa di bulan kemerdekaan kita semua harus ikut serta memeriahkan.

“Saya berharap kedepannya kita ketemu lagi di bulan Agustus tahun depan dan insya Allah dapat melaksanakannya lebih meriah lagi dan bila perlu ada perlombaannya,” tutur Suhendar.
(Tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *