Senin, Mei 20, 2024
BogorJAWA BARATPEMERINTAHANPendidikan

Antisipasi Perilaku Buruk, Kepsek SDN Palasari Cileungsi Beri Pembekalan dan Motivasi Terhadap Siswa Untuk Berperilaku Baik

CILEUNGSI,Klikinfoku.com – Antisipasi perilaku buruk dari pengaruh lingkungan dan tumbuhkan perilaku baik sedini mungkin, Kepala Sekolah Ratna Sari, S.Pd memberikan pembekalan nasihat dan dorongan kepada puluhan siswa di halaman sekolah SDN Palasari 01 Mampir Cileungsi Kab Bogor pada Sabtu (4/5/2024).

Sembari lesehan di lantai halaman sekolah puluhan siswa antusias menyimak nasehat, dorongan dan motivasi bekal khususnya menjaga dan berprilaku baik dan menjauhi berbagai perilaku buruk lingkungan, sehingga selain berprestasi juga diharapkan memiliki “adab” yang tinggi dan kelak menjadi siswa kebanggaan alumni SDN Palasari 01.

Kepada awak media Ratna Sari menyampaikan keprihatinannya akhir-akhir ini ada beberapa kasus mencuat terkait buruknya perilaku anak-anak akibat pengaruh lingkungan di luar sekolah.

“Miris sekali anak-anak sekarang masih usia dini perilakunya sudah aneh-aneh ada yang terlibat tawuran dan perilaku menyimpang lainnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Saya seringkali diluar waktu resmi bukan waktu upacara, termasuk tadi memberi bimbingan kepada anak-anak (siswa) saya di SDN Palasari 01 ini untuk terus meningkatkan perilaku baik sebagai siswa profil Pancasila,” ujarnya selepas bimbingan dengan siswanya.

Selain tugas para guru di sekolah, Ratna juga mengharapkan peran orang tua wali murid untuk makin proaktif memonitor perilaku anak-anak mereka ketika berada di luar rumah. Pihak sekolah terbatas waktunya dalam membina mengajar anak selebihnya tugas orang tua wali murid.

Lanjutnya untuk saat ini peran serta bimbingan orang tua kepada anak dirasakan semakin kurang dengan berbagai alasan diantaranya alasan kerja, makin masif dan tingginya godaan media sosial dengan kehadiran gadget.

Smart phone sesungguhnya bisa berdampak buruk kepada perkembangan anak jika tidak bijak menggunakannya. Akibatnya komunikasi dan kebersamaan dalam keluarga juga makin berkurang.

“Komunikasi yang baik ditengah keluarga sangat penting sekali bersinergi dengan pendidikan formal yang didapatkan anak, sehingga anak tidak terpengaruh perilaku buruk dari apa yang mereka lihat di lingkungan ataupun medsos,” ujar Ratna salah seorang Kepala sekolah di Cileungsi dari guru penggerak. (Tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *